Senin, 02 Januari 2012

PERAN PAMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT



A.    Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

B.    Pengertian Management Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.

C.     Peran Pemasaran Dalam Organisasi
Sebagai tujuan organisasi, pemasaran sangat diperlukan . Karena mereka mempunyai kebutuhan – kebutuhan yang juga perlu dipenuhi, agar tujuan organisasi dapat terpenuhi .

D.    Konsep Pemasaran









KONSEP INTI PEMASARAN

·        Kebutuhan         :   Suatu keadaan yang di serahkan tidak ada
    dalam diri seseorang.
·        Keinginan           :   Merupakan kebutuhan manusia yg dibentuk
    oleh kultur dan kepribadian individu.
·        Permintaan       :   Keinginan tidak terbatas sedangkan sumber
    terbatas dan didukung  daya beli.
·        Produk                :   Sesuatu yang dapat di tawarkan kepada
    masyarakat.
·        Pertukaran        :   Tindakan untuk memperoleh suatu objek yang
    di inginkan seseorang dengan menawarkan
    sesuatu sebagai gantinya.
·        Pasar                   :   Himpunan pembeli nyata dan pembeli
    potensial atas suatu produk.
PEMASARAN MEMILIKI 6 PERKEMBANGAN KONSEP :
·        Konsep Produksi   :
Anggapan pemasaran yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah saja.
·        Konsep Produk       :
Anggapan pemasaran bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.
·        Konsep Penjualan :
Anggapan pemasaran yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
·        Konsep Pemasaran           :
Anggapan pemasaran yang berorientasi kepada pelangggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memikirkan kepuasan.dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pehamana perilaku konsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan-kegiatan fungsional lainnya (misalnya : kegiatan produksi, keuangan, personalia, dsb)
·        Konsep Pemasarn Yang Memasyarakat (sosial) :
Anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen. Tujuan kegiatan perusahaan adalah disamping berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.
·        Konsep pasar          : 
Anggapan pemasaran yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar berssaing untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.

Perkembangan konsep pemasaran tersebut mencerminkan perkembangan penekanan kepentingan perusahaan atas bisnisnya. Perusahaan mempunyai konsep produksi, produk, dan penjualan mempunyai kepentingan (orientasi) internal perusahaan lebih dominan. Perubahan pada konsep berikutnya menggeser pihak eksternal yaitu pelanggan dan kesejahteraan sosialnya.pada orientasi eksteral pergeseran ke konsep paar berarti menambah perhatian perusahaan tidak hanya mendasarkan kepentingan perusahaan dan pihak pelanggan saja, tetapi juga perlu memperhatikan pesaing.kepentingan pesaing perlu dipahami agar memberikan peluang bagi perusahaan mampu mengungguli (atau menghindari) pesaing-pesaingnya.

E.     Tanggungjawab Manajer Pemasaran Dalam Perusahaan
Manager harus meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mampu mnempengaruhi, membujuk (bahkan mungkin memksa) konsuman untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat dan tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.

F.     Peran Pemasaran Dalam Masyarakat
Untuk memperkenalkan suatu produk yang di produksi, agar masyarakat dapat  mengenal produk tersebut dan perusahaan dapat melakukan penjualan sehingga memperoleh laba atau keuntungan. Dapat dilakukan dengan cara promosi, melalui :
·        media massa
·        media cetak
·        dll


G.    Tanggungjawab Sosial
Pemasaran juga harus bertanggungjawab terhadap masyarakat. Karena pemasaran sangat mempengaruhi aspek-aspek sosial dalam masyarakat, agar masyarakat dapat mengambil tindakan yang cerdas untuk memilih barang yang akan di konsumsi. Dan pemasaran juga harus mengetahui barang dan jasa yang sedang di butuhkan oleh banyak konsumen. Dan memikirkan kualitas barang yang di produksi.

H.    Dimensi Tanggungjawab Perusahaan
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,karyawanpemegang sahamkomunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

I.       Konsumerisme
Konsumerisme adalah paham atau aliran atau ideologi dimana seseorang atau kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar danberkelanjutan .

J.       Pemasaran Dalam Lingkungan Yang Berubah
Produsen harus dapat mengatasi perubahan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat . Disini peranan pemasaran sangat penting, agar pridusen dapat tahu apa yang diinginkan oleh konsumen yang kebutuhannya berubah-ubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Explore Bangka Part 2