A. Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter ( rupiah, dolar, yen, rupee, dsb).
B. Faktor – factor yang mempengaruhi tingkat harga :
· Kurva permintaan :
Kurva yg menunjukan tingkat pembelian pasar pada berbagai harga. Kurva tersebut menjumlahkan reaksi berbagai individu yg memiliki kepekaan pasar yang beragam
· Biaya :
Biaya merupakan factor penting dalam menentukan harga minimal yang harus ditetapkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian
· Persaingan :
Persaingan dalam satu industri dapat di analisis dengan berbagi factor seperti jumlah perusahaan dalam industry, ukuran relative setia perusahaan, diferensiasi produk, kemudahan untuk masukdalam industry
· Pelanggan :
Permintaan pelanggan berdasarkan beberapa factor yg terkait dan bahkan seringkali sulit memperkirakan hubungan antara faktor secara akurat.
C. KEPUTUSAN TENTANG HARGA
Keputusan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
· Faktor internal, meliputi :
1. Tujuan pemasaran ( biaya, penguasaan pasar, usaha )
2. Strategi marketing-mix ( aspek harga dan non harga )
3. Organisasi ( struktur, skala, dan tipe )
· Faktor eksternal, meliputi :
1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar
2. Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
3. Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro ( pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat ) maupun lingkungan makro ( pemerintah, cadangan sumber daya, keadaan sosial, dsb )
D. PROES PENETAPAN HARGA
Proses penetapan harga perlu melalui prosedur beberapa langkah sebagai berikut :
· Memilih tujuan dan orientasi harga
· Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
· Memperkirakan biaya dan perilakunya
· Melakukan analisis perilaku pesaing
· Menentukan strategi harga
· Menyesuaikan harga akhir
E. PENENTUAN HARGA DASAR DAN LABA YANG DIHARAPKAN
Penentuan harga dalam perusahaan didasarkan antara lain oleh bentuk pasar . Berikut ini asumsi dari suatu model perusahaan yaitu :
· Peranan terhadap harga
· Jumlah penjual
· Yang mendasari banyak penjual
· Kondisi ongkos
· Banyak pembeliKondisi permintan
· Fungsi tujuan
· Variable strategic
· Harapan revisi dari pesaingnya
F. PENETAPAN HARGA DASAR DALAM KONDISI TIDAK PASTI
Harga yang sudah ditetapkan seringkali perlu disesuaikan karena adanya perubahan yang terjadi pada lingkungan pemasaran. Kebijakan harga perlu diambil untuk melakukan antisipasi perubahan-perubahan tersebut. Penyesuaian harga ( administered pricing ) perlu mempertimbangkan :
· Fleksibelitas,
· Siklus produk,
· Potongan harga ( discount ),
· Jarak geografis antara penjual dan pembeli,
· Product mix , serta
· Harga psikologis pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar